class='home blog'>
Posted by : Unknown Minggu, 24 Maret 2013


Dalam drama, bawang merah selalu identik dengan wanita yang jahat dan berhati busuk. Ia selalu membuat bawang putih (sang tokoh baik) menangis dan tertindas. Kesan ini melekat buruk, mungkin karena bawang merah yang berwarna “merah” dan dekat dengan amarah. Selain itu, mengupas bawang merah memang akan membuat air mata berucucuran. Meski hal tersebut benar, namun dalam dunia nyata khususnya kuliner, bawang merah justru dipuja. Ia adalah salah satu bumbu yang bisa menguatkan cita rasa makanan khususnya kuliner di Asia. Tak hanya itu, bawang merah semakin istimewa sebab ia juga ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia. Khasiat bawang merah ini tak lepas dari kandungan senyawa yang tersembunyi di balik lapis demi lapis sel-nya.

Kandungan Senyawa Bawang merah

Sebelum mengurai apa saja khasiat bawang merah, penting untuk mengetahui senyawa apa saja yang ada di dalamnya. Jika didasarkan pada pengamatan klinis, bawang merah diketahui mengandung zat antara lain Kalium, zink, magnesium, fosfor, natrium, fiber, asam folat, vitamin C, kalsium, zat besi, zat pengatur auksin juga giberelin, zat ailin dan masih banyak lagi lainnya. Keberadaan senyawa alliin oleh enzim bernama allinase akan diubah menjadi zat asam piruvat dan ammonia yang memiliki sifat anti mikroba termasuk bakteri. Jadi, jangan heran jika salah satu khasiat bawang merah adalah menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri.  
 
 Membedah Khasiat Bawang Merah
 
Bawang merah sudah lama digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat tradisional untuk mengobati banyak penyakit. Hal ini memang telah terbukti secara ilmiah. Berikut beberapa khasiat bawang merah yang kami rangkum dari berbagai sumber:
  1. Mencegah penyakit seperti Tubercolosis, Kanker, Stroke juga diabetes. Hal ini terkait dengan keampuhannya membunuh microba penyebab disentri yang merupakan biang TBC. Sementara itu, jika seseorang mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah, akan mengurangi potensi ia terkena kanker. 
  2. Karena itu, jangan heran jika nenek moyang kita mengajarkan kita mengkonsumsi sate dan semua makanan yang dibakar dengan bawang merah sebagai pendamping. Karbon yang melekat pada makanan yang dibakar memang merupakan salah satu pemicu kanker.
  3. Selain itu, bawang merah juga bisa menstabilkan kadar gula di dalam darah. Hal ini terkait dengan kandungan tolbitamidennya yang mampu membantu pelepasan insulin.
  4. Khasiat bawang merah lainnnya adalah untuk mencegah serangan penyakit stroke. Hal ini terkait dengan kemampuannya menipiskan sel darah sehingga alirannya lebih lancar ke jantun. 
  5. Bawang merah juga bisa mengobati penyakit ringan seperti biang kuman di dalam mulut, melenyapkan jerawat, mengusir dengungan pada telinga, mengobati demam, melenyapkan batuk berdahak, meredakan radang otot dengan cara dicampur dengan minyak kelapa dan digunakan untuk urut. Bawang merah ini memag istimewa!

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Wah bagus ya
    untuk membantu bagi Anda yang ingin merasakan khasiat bawang putih rebus namun sulit mendapatkannya di daerah Anda, kami jual bawang putih rebus

    KLIK jual bawang putih rebus

    Atau langsung 0813-80-262524 (Ryan) SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    BalasHapus

cari yang anda inginkan

Copyright © manfaat manfaat -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan