class='home blog'>
Posted by : Unknown Kamis, 04 April 2013


Anda sering merasa mengantuk? Banyak faktor yang mengakibatkan timbulnya rasa ngantuk, dan yang

Menurut WebMD, ada beberapa penyebab yang membuat seseorang selalu merasa mengantuk:

1. Kurang tidur

Kurang tidur bisa membuat orang merasa mengantuk di siang hari, sehingga dapat memengaruhi konsentrasi. Dampak jangka panjang dari kurang tidur juga dapat memengaruhi kesehatan. Orang dewasa harus tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam.

2. Depresi

Anda mungkin berpikir depresi adalah gangguan emosi, tetapi ini juga berkontribusi pada banyak gejala fisik. Kelelahan, selalu merasa mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah gejala yang paling umum.

3. Anemia

Anemia merupakan penyebab utama dari kelelahan dan kantuk pada wanita. Kehilangan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Hal ini karena sel-sel darah merah ini dibutuhkan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh.

4. Dehidrasi

Kelelahan dan kantuk bisa menjadi tanda dehidrasi. Segera penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda agar selalu merasa segar.

5. Alergi makanan

Beberapa dokter percaya bahwa alergi makanan bisa membuat seseorang merasa mengantuk. Jika Anda memiliki toleransi untuk alergi, gejala awalnya hanya kelelahan dan tidak menyebabkan gatal.

6. Penyakit jantung

Bila Anda mudah lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, Anda perlu memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaan baik.

7. Hipotiroidisme (penurunan produksi hormon tiroid pada kelenjar tiroid)

Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang mengendalikan metabolisme dan kecepatan dalam mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, seseorang dapat merasakan lesu dan selalu merasa mengantuk.

8. Sindrom kelelahan kronis

Ketika seseorang lelah, biasanya mereka menghadapinya dengan menyempatkan istirahat. Tapi untuk sindrom ini, kelelahan tidak akan cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, mudah marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya ingatan.
paling umum adalah karena kurang tidur. Untuk kasus yang satu ini solusinya jelas, yaitu istirahat yang cukup agar rasa ngantuk tidak datang lagi. Namun pada beberapa orang, rasa kantuk bisa datang terus-menerus.

sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

cari yang anda inginkan

Copyright © manfaat manfaat -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan